12.18.2009

Bagaimana caranya untuk bahagia

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Bagaimana caranya untuk bahagia ? Mungkin ada sebagian dari kita yang menanyakan hal tersebut. Ada 3 hal yang menjadi patokan seseorang dikatakan memiliki kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Jika salah satu saja dari ketiga hal ini tidak terpenuhi maka seseorang belum bisa dikategorikan seseorang yang bahagia.

Sebenarnya hal-hal ini sudah sering disebutkan ataupun dibahas pada training-training motivasi dan di buku-buku motivasi namun masih saja ada sebagian dari kita yang belum bisa mencapai semua hal tersebut.

Karena sudah banyak referensi yang membahas mengenai hal ini, maka saya membatasi hanya dalam apa saja yang diperlukan agar kita memperoleh sebuah kebahagiaan, lebih tepatnya kesuksesan yang mengantarkan kepada kebahagiaan, bukan kesuksesan yang justru mengantarkan kepada penderitaan karena kekhawatiran harta yang sudah diperoleh dicuri, hilang, dan kekhawatiran lainnya.

Seperti yang dikatakan diatas ada 3 hal yang menjadi patokan umum seseorang dikatakan sukses dan bahagia, bukan hanya sekedar sukses. Adapun 3 hal tersebut :

1. Kesehatan, setiap orang tentu menginginkan kesehatan, namun apakah dengan memiliki tubuh yang sehat seseorang sudah bisa merasakan kebahagiaan ?
Ilustrasinya begini : "Si Fulan setiap hari selalu lari pagi untuk menjaga stamina tubuhnya dan makan secara teratur, sehingga tubuhnya sehat dan terbebas dari penyakit, namun dia masih belum memiliki pekerjaan sehingga dia masih mengandalkan orang tuanya untuk keperluan hidup sehari-hari" Menurut teman-teman, apakah Si Fulan merasakan kebahagiaan ?

2. Uang, siapa sih yang tidak memerlukan uang. Uang memang bukanlah segala-galanya, tetapi segala-galanya saat ini perlu uang kan. Untuk biaya pendidikan, belanja keperluan rumah tangga, biaya transportasi, dll. Lalu, apakah uang bisa dicari dengan mudah? Mudah...bagi orang yang memiliki keinginan kuat untuk memilikinya karena didorong oleh keperluan dan kebutuhannya (walaupun ada yang sekedar karena keinginan). Pekerjaan bisa bermacam-macam, mulai dari berdagang, berwirausaha, menjadi karyawan kantor, disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki dan kesempatan yang diperoleh. Namun, apakah dengan memiliki uang seseorang bisa dikatakan bahagia juga ?

Ilustrasi sederhananya : "Berkat kerja keras dan ketekunannya Si Fulan menjadi orang yang berkecukupan, punya rumah sendiri, dan baru saja membeli mobil keluaran terbaru. Namun, ketika dia mulai mengendarai mobilnya, ada sesuatu yang tidak nyaman pada saat dia duduk, kursinya empuk, mobil baru koq, lantas kenapa dia merasa gelisah?? Oooo...ternyata dia sedang ambeien. Akhirnya dia tidak bisa menikmati mobil barunya.

3. Waktu, jika dua hal sebelumnya kesehatan dan uang dapat diperoleh dengan tidak terlalu sulit. Maka saya berani katakan, hal ketiga ini paling sulit untuk didapatkan. Waktu, benar sekali. Coba Anda bertanya kepada diri Anda, berapa banyak waktu yang Anda berikan untuk keluarga Anda, berapa kali Anda bersilaturahim dengan orang tua Anda (bagi yang sudah menikah dan tinggal sendiri), Berapa sering Anda membawa anak-anak Anda bermain dan berlibur (bagi yang sudah punya anak). Saya pastikan hampir 90% sibuk dengan pekerjaannya dan hanya memiliki "waktu sisa" untuk keluarga. Apalagi sekarang katanya "emansipasi wanita" sehingga wanita pun turut berkecimpung untuk "meniti karir" sehingga Anak-anak besar dengan pengasuh. BENAR atau BETUL ???

Jadi, jika ditanyakan bagaimana caranya untuk mendapatkan kebahagiaan, jawabannya adalah kita harus memiliki 3 hal diatas, yaitu kesehatan secara fisik, uang (kesehatan secara sosial ekonomi), dan waktu luang. Dan yang terutama untuk merangkum semua itu adalah kesehatan secara Rohani. Saya cukupkan sampai disini dulu. Semoga bermanfaat.

Sekarang temen-temen bisa juga membaca artikel di blog ini lewat feed reader temen-temen, temen-temen klik aja disini

2 komentar:

  1. Sebuah motivasi yang seharusnya segera dilakukan tindakan yang nyata untuk meraih kebahagiaan! Sukses untuk anda dan semuanya!

    BalasHapus
  2. yupz.. terima kasih.. sukses juga untuk anda.

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungan teman-teman, semoga artikel ini bermanfa'at. Dapatkan Panduan Membuat eBook gratis dari Mas Cosa Aranda