4.26.2009

The Cashflow Quadrant

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Pernah mendengar mengenai ini. The Cash Flow Quadrat dari Robert T Kiyosaki. Apakah Cashflow Quadrant itu ? . CashfloW Quadrant mewakili berbagai metode yang berlainan. Bagaimana penghasilan/uang bisa diperoleh.

Diagram di bawah ini adalah cashflow quadrant





Sebagai contoh, seorang "E" mendapat uang dengan mempunyai pekerjaan dan bekerja untuk orang lain atau sebuah perusahaan. Orang-orang "S" mendapat uang dengan bekerja untuk diri sendiri. Seorang "B" memiliki usaha yang menghasilkan uang, dan "I" mendapat uang dari berbagai investasi mereka, dengan kata lain, uang menghasilkan uang yang lebih banyak.

Berbagai metode menghasilkan uang yang berbeda membutuhkan kerangka berpikir yang berbeda, keterampilan teknis yang berbeda, jalur pendidikan yang berbeda, dan jenis orang yang berbeda. Orang yang berbeda tertarik pada kuadran yang berbeda.

Meski uang dimana-mana sama, cara memperolehnya bisa jauh berbeda. Jika mulai melilhat keempat label berbeda pada masing-masing kuadran, Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri, "Dari kuadran yang mana aku memperoleh sebagian besar penghasilanku".

Kebanyakan dari kita berpotensi memperoleh penghasilan dari keempat kuadran. Kuadran mana yang Anda atau saya pilih untuk memperoleh penghasilan utama kita tidak terlalu tergantung pada apa yang kita pelajari di sekolah. Hal ini lebih tergantung pada siapa diri kita pada intinya, (nilai, kekuatan, kelemahan, dan minat inti kita) Perbedaan inti inilah yang menarik atau menolak kita dari keempat kuadran.

Ada orang yang senang menjadi "E", sementara yang lain tidak suka. Ada orang yang senang mempunyai perusahaan, tapi tidak mau mengelolanya. Ada yang punya perusahaan dan senang mengelolanya. Orang tertentu suka menanam modal, sementara yang lain hanya melihat resiko kehilangan uang. Kebanyakan dari kita adalah gabungan dari sedikit unsur masing-masing karakter ini. Menjadi sukses dalam keempat kuadran sering berarti menata ulang beberapa nilai internal.

Penting juga diperhatikan bahwa Anda bisa kaya atau miskin di keempat kuadran. Ada orang yang menghasilkan jutaan dan orang yang bangkrut di masing-masing kuadran. Berada di salah satu kuadran tidak menjamin keberhasilan Anda.

Dengan mengetahui ciri berbeda masing-masing kuadran. Anda akan mempunyai gambaran yang lebih jelas tentang kuadran mana yang paling cocok untuk Anda. Sebagai contoh, salah satu dari sekian banyak alasan mengapa saya memilih bekerja terutama di kuadran "B" dan "I" adalah karena keuntungan dalam hal pajak. Bagi sebagian besar orang yang bekerja di sisi kiri Quadrant, ada beberapa keringanan pajak resmi. Namun, keringanan pajak resmi terdapat sangat banyak di sisi kanan Quadrant. Dengan bekerja untuk memperoleh penghasilan di kuadran "B" dan "I", saya bisa memperoleh uang lebih cepat dan memutar uang itu lebih lama tanpa kehilangan sejumlah besar untuk membayar pajak.

Jadi, kuadran yang mana yang paling cocok buat Anda. Saya dan kebanyakan orang saat ini masih banyak yang di kuadran kiri terutama di "E", kenapa kita tidak kerjakan juga di kuadran kanan, dan yang paling tidak mengganggu aktivitas Anda di kuadran "E" adalah kuadran "I". "Tapi, pasti perlu modal yang besar sekali ?" Mungkin itu yang ada di dalam pikiran Anda. Tidak perlu modal besar jika Anda tau tempatnya.

Saya merekomendasikan Anda bisa menjadi "I" tanpa mengganggu posisi Anda di "E" dengan bergabung dialamat dibawah ini

Sampai Jumpa disana.

REFERENSI PANDUAN BISNIS ONLINE BUAT PEMULA

Sekarang temen-temen bisa juga membaca artikel di blog ini lewat feed reader temen-temen, temen-temen klik aja disini


2 komentar:

  1. Di kuadran mana aja asal enjoy :-)

    BalasHapus
  2. @Ade : yupz.... benar sekali.... yang penting enjoy... ^_^

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungan teman-teman, semoga artikel ini bermanfa'at. Dapatkan Panduan Membuat eBook gratis dari Mas Cosa Aranda