2.16.2009

Komunikasi itu penting

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Apa kabar sobat semua. Mm...saya kembali lagi (kaya darimana aja...he...), abis liburan gitu deh (lebih tepatnya berkumpul bersama keluarga).

Kenapa saya menuliskan judul komunikasi itu penting ? Ide ini saya dapat pas liburan kemarin. Pas lagi ngetik sms, terlintas lah judul itu di dalam pikiran. He...

Komunikasi begitu penting dalam keseharian kita, terlebih jika kita sedang membangun sebuah usaha ataupun dalam lingkup pekerjaan. Tetapi komunikasi tidak hanya terbatas dalam lingkup area pekerjaan saja, kita hidup sehari-hari pasti tidak lepas dari yang namanya komunikasi.

Kita pasti tiap hari berbicara dengan seseorang kan ? nah..itu tergolong komunikasi, percakapan yang kita lakukan dengan lawan bicara adalah komunikasi 2 arah. Dimana ada input dan output (pembicara dan pendengar berlaku sebaliknya karena jika terjadi percakapan 2 arah tentu tidak pembicara dapat menjadi pendengar demikian juga sebaliknya).

Karena kita lebih mengkhususkan kepada usaha atau pekerjaan, maka uraian ini pun dibatasi hanya implementasinya dalam pekerjaan kita. Katakanlah kita memiliki sebuah usaha yang menawarkan produk-produk baru yang belum ada di pasaran.

Tentu jika kita ingin produk kita dikenal calon konsumen, kita harus mempromosikannya, benar sekali. Nah...media promosi beragam bentuknya, namun jika kita tidak bisa berkomunikasi dengan baik, maka promosi ini tidak akan berhasil.

Inti dari komunikasi dalam suatu usaha atau pekerjaan adalah bagaimana caranya kita mengolah sebuah kalimat komunikatif yang bisa diterima dan dicerna dengan baik oleh calon konsumen atau lawan bicara kita (jika face to face) sehingga menarik perhatian mereka untuk merespon apa yang kita tawarkan atau kita bicarakan.

Jika kita hanya diam dan menunggu konsumen datang, niscaya tidak akan berhasil, kalaupun ada yang datang, itupun hanya orang-orang yang mengetahui keberadaan usaha kita. Jika terjadi seperti ini, kita juga tidka perlu khawatir, gunakan pasar yang kecil ini untuk menarik pasar yang lebih besar lagi.

CARANYA GIMANA ???

Berikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen-konsumen yang sedikit tersebut, dan biarkan mereka yang melakukan communication marketing kepada teman-teman mereka.

Ilustrasinya seperti ini : "Ada sebuah Rumah makan yang baru buka dan nyedian bakso, berhubung sobat suka banget dengan bakso, sobat pun pengen coba bakso model baru tersebut, pas sobat selesai nyicipin, ternyata rasanya uuuueeeeennnnaaaakkkkk banggggeeeeets....." Kira-kira, sobat ceritain ga' ke temen-temen yang doyan bakso juga ?

Nah...itu dia...seperti itu juga. Jadi komunikasi itu penting dalam setiap sisi kehidupan kita karena kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa saling bahu membahu dengan masyarakat yang lain.

Baiklah....cukup sekian, cuma segitu yang keluar dari otak he....kalau ada tambahan dari teman-teman, silakan bertisipasi di kolom komentar. Terima kasih. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi panduan bisnis online disini


Sekarang temen-temen bisa juga membaca artikel di blog ini lewat feed reader temen-temen, temen-temen klik aja disini



4 komentar:

  1. makasih infonya....berguna banget niy...

    BalasHapus
  2. @Linda : terima kasih juga....

    ^_^

    BalasHapus
  3. arulabdulhamid29 April 2009 22.29

    wah, ini dia neh.. yang q cariee.. sip! syukron yee.!

    BalasHapus
  4. alhamdulillah...
    'afwan akhi....

    semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungan teman-teman, semoga artikel ini bermanfa'at. Dapatkan Panduan Membuat eBook gratis dari Mas Cosa Aranda